3 Obat Ayam Ngorok Paling Manjur


3 Obat Ayam Ngorok Paling Manjur - Ayam bangkok ngorok bukan menjadi masalah lagi apa bila mengetahui cara mengatasinya. Obat ayam bangkok tidak sama dengan obat untuk ayam lainnya karena harus mempunyai tingkat kenyamanan untuk ayam itu sendiri. Obat ngorok paling aman yang manjur untuk mengobati penyakit ngorok atau (CRD) yang di akibatkan dari pergantian musim atau cuaca bisa anda peroleh dengan mudah karena tersaji dan terrangkum pada artikel ini.
Obat Ayam Aduan Bangkok Ngorok

Ayam Ngorok


Untuk mengobati ayam ngorok dapat menggunakan obat yang terbuat dari bahan alami. Seperti yang kita tahu bahwa abat alami ini selain mudah untuk di temukan juga memiliki khasiat yang manjur untuk mengobati ayam bangkok yang ngorok.

Ayam ngorok termasuk penyakit yang berbahaya dan bersifat kronis. Penyakit ini bisa menular pada ayam lain secara cepat dan oleh sebab itu penyakit tersebut harus di obati secara cepat, tepat dan aman. Ayam aduan yang terserang penyakit ini mempunyai tanda-tanda terdengar suara atau bunyi aneh (ngorok) pada pernafasan yang dapat terlihat pada kondisi ayam akan terlihat pucat hingga stamina ayam menjadi menurun. Jika ayam bangkok mengalami seperti ini, ayam tersebut telah menunjukkan dan mengalami gangguan pada organ bahkan bisa menyebabkan kerusakan organ tersebut. Oleh karena itu Sebagai pemelihara ayam bangkok hal semacam ini tidak bisa di biarkan begitu saja karena bisa menyebabkan stamina ayam aduan makin menurun yang akan mengakibatkan kerusakan ayam bangkok itu sendiri. Sangat di sayangkan jika ayam bangkok anda mengalami hal yang demikian. Pergantian musim bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit ayam aduan di antaranya penyakit CRD tersebut.

Penyebab Ayam Ngorok

Ayam ngorok dapat di sebabkan dari berbagai hal yang berkaitan erat pada infeksi bakteri dan virus, kondisi lingkungan dan kelembapa. Adapun penyebab ayam ngorok adalah di sebabkan dari amoniak dan kelembapan, berikut ulasannya:

1. Amoniak; Pada prinsipnya, amoniak ini mempunyai kadar yang dapat di tentukan dari kotoran ayam itu sendiri. Kotoran ayam yang lembab dan encer akan berpotensi pada kenaikan kadar amoniak tersebut.

Penyebab ayam ngorok yang salah satunya di sebabkan dari naiknya kadar amoniak ini suatu saat akan di hirup oleh ayam yang menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan sehingga menyebabkan kerusakan pada sel-sel di permukaan saluran pernafasan yang akan mempermudah berkembangnya penyakit yang terbawa oleh udara. Itulah yang menyebabkan saluran pernafasan menjadi rusak sehingga bunyi ngorok tersebut dapat kita terdengar.

2. Suhu dan Kelembapan; Penyebab ayam ngorok yang di karenakan suhu atau kelembapan ini adalah yang sering terjadi. Suhu dan kelembapan yang kurang mendukung akan menyebabkan gangguan fungsi sinus dan organ pernafasan. Adapun suhu yang paling baik untuk ayam berkisar antara 25-28ÂșC dengan kelembapan udara 60-70%. Bagi anda yang kesulitan untuk mengukur suhu tersebut bisa dengan cara online dengan cara mengunjungi weather.yahoo.com. Namun pada saat kelembapan udara tersebut tidak sesuai maka dapat menyebabkan membran mukosa saluran pernapasan dan sinus menjadi kering. Sehingga berpotensi terhadap berkembangnya atau masuknya bibit penyakit.

3. Infeksi Penyakit; Jenis penyakit yang dapat menyebabkan ayam ngorok di bagi menjadi beberapa jenis, dan semua jenis penyakit yang menyebabkan ayam ngorok ini mempunyai perbedaan tentang penyembuhannya. Adapun jenis penyakit ini adalah :

  • CRD dan CRD kompleks. Penyakit ini adalah yang sering terjadi pada ayam namun bukan penyakit yang mematikan.
  • Korisa. Penyakit ini di sebabkan oleh adanya bakteri Haemophilus paragallinarum atau Avibacterium paragallinarum yang akan di tandai dengan gejala seperti; muka bengkak dan mata berair.
  • ILT (infeksius laryngo tracheitis). Penyakit ini menyerang pada bagian tubuh ayam khususnya pada batang tenggorok (trakea) yang akan di tandai dengan ciri-ciri ayam bernapas dengan mulut terbuka sambil menjulurkan lehernya.
  • ND, IB dan AI. Ayam yang terserang penyakit ini akan terjadi gejala batuk, keluar lendir, ngorok dan sulit bernafas.

Obat ayam ngorok secara umum di sebabkan dari pergantian musim dan penyakit ini juga dapat di tularkan melalui kontak langsung maupun tak langsung. Penyakit ngorok ini menyerang pada sistem kekebalan tubuh ayam. Adapun penyebab penyakit ayam ngorok juga dapat di sebabkan karena komplikasi dari bakteri Mycoplasma gallisepticum. Bakteri ini mempunyai kemampuan dalam predileksi di kantung udara pada organ ayam yang menyempit. Penyakit ayam ngorok ini bisa menular dengan melalui kontak langsung, yaitu dari makanan, minuman dan dari udara. Oleh sebab itu ayam yang terserang penyakit ini hendaknya di pisahkan dari ayam lainnya dan tempatkan dalam kandang sendiri untuk di rawat.

Cara Mengobati Ayam Ngorok


Cara mengobati ayam ngorok yang di sebabkan dari faktor amoniak, kelembapan atau suhu tidaklah sulit karena selain bisa dengan menggunakan obat ngorok tradisional juga dapat melalui perawatan khusus untuk dapat menyembuhkannya. Untuk memastikan bahwa ayam bangkok tersebut terserang penyakit yang di sebabkan dari faktor amoniak, kelembapan atau suhu ayam akan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Susah bernafas
  • Menggeleng gelengkan kepalanya
  • Mengeluarkan cairan pada hidung atau mata
  • Terkadang ayam batuk
  • Setaminanya menurun.

Adapun cara mengobati ayam ngorok yang di sebabkan dari penyakit seperti CRD, korisa, ILT, ND, IB dan AI bisa anda berikan obat ayam ngorok dari bahan kimia seperti Trimizin atau Tetrachrol bisa juga dengan sirup obat batuk untuk anak. ketiga jenis obat diatas bisa di katakan aman bagi ayam aduan apabila dalam memberikan dosis yang sesuai untuk jenis dan berat ayam tersebut. Namun saya ingatkan bahwa obat-obatan di atas tersebut merupakan obat yang berbahan kimia yang dapat memungkinkan sekali terjadinya efek samping bagi ayam. Untuk unggas, misalnya ayam kampung, ayam pedaging, ayam petelur dan untuk ayam aduan dalam memakai obat tersebut hendaknya hati-hati dalam pemberian dosis. Untuk ayam bangkok sebaiknya di berikan obat alami dengan tujuan supaya kondisi ayam tidak mengalami penurunan terlebih-lebih jika di gunakan untuk di adu tentunya vitalitas dan stamina harus di perhatikan. Adapun jenis obat alami tradisional yang dapat di gunakan untuk mengobati ayam ngorok tersebut adalah seperti di bawah ini.

Obat Ayam Ngorok Secara Alami Tradisianal

Obat ayam ngorok dengan cara alami tradisional bisa anda buat sendiri dengan cara sebagai berikut:
  • Buah jeruk nipis, cara menggunakannya jeruk tersebut diambil airnya kemudian di campur dengan kecap dengan perbandingan 2:1 (2 untuk jeruk nipis 1 untuk kecap) Obat ini di berikan satu hari sekali sampai ayam sembuh. Pada jeruk nipis ini mengandung senyawa anti bakteri yang dapat berkhasiat untuk mengatasi ayam ngorok.
  • Buah mengkudu, pada buah mengkudu ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit yang di sebabkan karena bakteri atau virus. Cara memberikannya bisa dengan langsung di lolohkan kemulut ayam. Namun sebelumnya buah kudu tersebut di iris seukuran mulut ayam atau di potong sebesar jari jempol.
  • Brimbing Wuluh yang masih hijau dan belum matang, cara memberikannya di ambil airnya lalu di minumkan pada ayam pada pagi hari sampi sembuh. Namun sebelumnya ayam diberi makan terlebih dahulu.

Dari berbagai obat ayam bangkok aduan seperti di atas biasanya ayam akan sembuh antara 3hari-7hari dengan catatan ayam aduan tersebut ngorok karena faktor amoniak, kelembapan atau suhu dan terserang infeksi bakteri/virus CRD dalam kondisi ayam belum parah atau masih di katakan ringan.

Yang terkait dengan Obat Ayam Ngorok
Sekian dulu sajian tentang cara mengobati ayam dengan 3 Obat Ayam Ngorok Paling Manjur. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Untuk Persiapan Adu/Tarung.

Ayam Bangkok

No comments:

Post a Comment